5 BUNGA PALING LANGKA DI DUNIA

Hai-hai.... :D
Di blog saya yang pertama kali ini, kita akan ngebahas mengenai bunga. Semua udaah tau apa itu bunga kan? So, kita bakal nge-bahas 5 bunga paling langka di dunia versi salah satu situs ternama di Indonesia. Let’s check it out!

1. Raflessia Arnoldi
1.       

Rafflesia arnoldii sebenarnya merupakan genus tumbuhan bunga parasit dan pertama kali ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang peneliti bernama Dr Joseph Arnold pada 1818 di wilayah Sumatra. Bunga tersebut memiliki diameter lebih dari 100 sentimeter dan mendapatkan predikat sebagai bunga terbesar di dunia. Bunga ini sangat unik karena tidak memiliki batang, tangkai, daun, dan akar.

Bunga biasanya identik dengan bau yang wangi, akan tetapi saat mekar Rafflesia arnoldii akan mengeluarkan bau busuk, sehingga di Indonesia bunga ini lebih dikenal dengan nama 'bunga bangkai'. Meskipun bunga ini mengeluarkan bau busuk, tak menghentikan lalat dan kumbang untuk menghampirinya dan membantu proses penyerbukan. Rafflesia arnoldii akan mati sekitar satu pekan setelah mekar. Di Indonesia, jumlah bunga ini sangat terbatas, yakni delapan spesies menyebar di Sumatra, lima di Jawa, tiga di Kalimantan, dan satu spesies endemik di Sulawesi. 

2. Cypripedium calceolus


Bunga ini merupakan jenis anggrek liar yang sangat langka di Eropa dan sering disebut sebagai 'lady slippers'. Tanaman ini sangat langka dan sulit dibudidayakan, satu-satunya contoh bunga ini ditemukan di sebuah lapangan golf di Inggris pada 1917 dan mendapatkan perlindungan ketat. Satu tangkai 'lady slippers' bisa dijual dengan harga 5.000 dolar AS.

Biji tanaman bunga tersebut tidak memiliki cadangan makanan, sehingga mengandalkan bantuan simbiosis jamur tertentu sebagai penyuplai asupan makanan. Melalui simbiosis itu, 'lady slippers' mendapatkan sari-sari makanan yang disalurkan ke seluruh bagian tubuh bunga agar dapat tumbuh dan berkembang. 



3. Kokai cookei 

Kokai cookei merupakan tanaman endemik yang berasal dari Hawaii dan ditemukan pada 1860. Tanaman ini hanya ada tiga spesimen saja di dunia dan sangat sulit untuk berkembang biak. Pada 1978 Kokai cookei hampir saja punah karena terjadi kebakaran hebat. Beruntung, salah satu cabang dari sisa tanaman bisa diselamatkan dan berhasil dicangkok. 

Tanaman ini memiliki bunga yang sangat cantik berwarna merah menyala dengan kelopak yang sangat mencolok. Bunga tersebut sekilas memang mirip seperti bunga sepatu, tapi lingkaran kelopaknya berbeda. Tanaman ini memiliki ukuran 11 meter dan hanya bisa ditemukan di Hawaii. Kokai cookei menjadi tanaman yang masuk perlindungan karena jumlahnya hanya tersisa 23 spesies.

4. Jade vine 

Bunga ini hidup di habitat hutan hujan tropis di Filipina dan memiliki nama lainStrongylodon macrobotrys. Pohon bunga tersebut termasuk anggota keluarga kacang-kacangan yang memiliki hubungan erat dengan kacang merah. Jade vine berbentuk seperti cakar yang tumbuh menggantung di ranting-ranting pohon.

Panjang bunga ini bisa mencapai tiga meter dengan warna yang khas dan sangat indah, yakni hijau kebiruan serta hijau mint. Akan tetapi, bunga indah ini sangat sulit untuk berkembang biak dan dianggap sebagai salah satu spesies tanaman yang terancam punah. Penurunan proses penyerbukan alami menjadi salah satu faktor bunga ini sulit untuk tumbuh dan berkembang biak.

5. Epipogium Aphyllum 

Di Indonesia, bunga ini dikenal dengan sebutan 'anggrek hantu' karena warnanya putih dan bentuknya mirip seperti tokoh hantu dari film kartun Casper. Anggrek Hantu merupakan jenis anggrek langka yang terdapat di wilayah barat daya Florida, Kuba, dan Kepulauan Karibia. Tanaman ini memiliki sebutan yang sangat banyak, antara lain, Palm Polly, White Frog, dan White Butterfly. Bunga ini memancarkan bau harum dan mekar pada periode antara Juni dan Agustus.

Anggrek Hantu memiliki nama botani Dendrophylax Lindenii yang diambil dari nama penemunya, yakni Jean Jules Linden, seorang kolektor asal Belgia. Anggrek Hantu memiliki tangkai yang sangat unik karena berjumlah sangat sedikit, sedangkan akarnya sangat rimbun. Negara bagian Florida memberlakukan hukum untuk melindungi bunga ini dari kepunahan. Anggrek Hantu sempat diangkat ke dalam sebuah novel berjudul The Orchid Thief karya Susan Orlean. 



Sabtu, 31 Januari 2015 di 20.05

0 Comments to "5 BUNGA PALING LANGKA DI DUNIA"

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

About Me

Followers